Tata Cara Pembayaran Biaya Registrasi / Pendaftaran Mahasiswa Baru

Halo Camaba.. Telah dibuka pendaftaran Mahasiswa Baru, berikut tata cara pembayaran biaya registrasi atau biaya pendaftaran. Jangan sampai terlambat yaa..

Empat Cara Membayar Biaya Registrasi Mahasiswa Baru,
Silahkan Pilih Salah Satu Cara Berikut!

Cara Pertama

Pembayaran melalui ATM BSI 

Cara Kedua

Pembayaran melalui BSI Mobile dan BSI Net Banking

Cara Ketiga

Transfer dari ATM Bank Lain selain ATM BSI

Cara Keempat

Transfer melalui Mobile Banking dan Net Banking Bank Lain selain BSI

Pembayaran dengan Rekening BSI

Demi kemudahan dan kelancaran dalam melakukan pembayaran, kami menyarankan Anda membayar menggunakan Rekening BSI milik sendiri.

*Nomor Tagihan Adalah Nomor Rekening Tujuan atau Nomor Rekening Pembayaran yang menggunakan nomor rekening virtual dan dapat Anda lihat pada email (cek: inbox/spam) yang di daftarkan saat registrasi

1. Cara Pembayaran Melalui ATM BSI

  1. Pilih Menu Pembayaran / Peyment
  2. Pilih Akademik
  3. Masukan / Pilih Kode Akademik 9081 (IAIN Gorontalo) + Nomor Pembayaran (6 + Nomor Tagihan Regis PMB). Contoh 90816xxxxxxxxx  (xxxxxxxxx = *Nomor Tagihan)
  4. Pilih Benar / Selanjutnya
  5. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  6. Pilih Benar / Ya

2. Pembayaran melalui BSI Mobile dan BSI Net Banking

  1. Pilih Menu Pembayaran / Peyment
  2. Pilih Akademik
  3. Masukan / Pilih Kode Akademik 9081 (IAIN Gorontalo)
  4. Masukan Nomor Pembayaran (6 + Nomor Tagihan Regis PMB). Contoh 6xxxxxxxxx. (xxxxxxxxx = *Nomor Tagihan)
  5. Pilih Benar / Selanjutnya
  6. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  7. Masukan PIN dan pilih Selanjutnya untuk Submit
  8. Selesai

3. Transfer dari ATM Bank Lain selain ATM BSI

  1. Pilih Menu Transfer
  2. Pilih Transfer Antar Bank
  3. Masukan Kode / Nomor Rekening Tujuan 451 + 900 + 9081 + 6 + Nomor Peserta. Contoh: 45190090816xxxxxxxxx (xxxxxxxxx = *Nomor Tagihan)
  4. Masukan Nominal Tagihan Regis PMB + biaya Adm 2.000. Contoh jika biaya pendaftarn 250.000, maka yang dimasukan adalah sebesar 252.000
  5. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  6. Pilih Benar / Ya / Ok untuk melanjutkan proses pembayaran
  7. Selesai

4. Transfer melalui Mobile Banking dan Net Banking Bank Lain selain BSI

  1. Pilih Menu Transfer
  2. Pilih Transfer Antar Bank
  3. Cari Bank BSI
  4. Pilih Transfer Online
  5. Masukan Kode / Nomor Rekening Tujuan 900 + 9081 + 2 + Nomor Peserta. Contoh: 90090812xxxxxxxxx (xxxxxxxxx = *Nomor Tagihan)
  6. Masukan Nominal Tagihan + biaya Adm 2.000. Contoh jika biaya pendaftarn 250.000, maka yang dimasukan adalah sebesar 252.000
  7. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  8. Pilih Benar / Ya / Ok untuk melanjutkan proses pembayaran
  9. Selesai

Hal-hal yang perlu di ketahui pada saat membayar UKT

Bagaimana cara mengetahui besaran atau nominal biaya regis?
  • Nominal biaya registrasi bisa dilihat pada persyaratan pendaftaran atau email yang telah dikirimkan saat Anda melukakan registrasi.
Tips pembayaran aman dan lancar.
  • Pastikan kondisi jaringan internet lancar pada saat akan melakukan pembayaran
  • Bayar menggunakan rekening sendiri dan sangat disarankan menggunakan rekening BSI
  • Jika terpaksa harus menggunakan rekening orang lain, pastikan pemilik rekening bisa diajak kerjasama ketika mengalami masalah pembayaran
  • Jika terpaksa harus menggunakan jasa Agen pembayaran online, cari Agen pembayaran terdekat atau Agen pembayaran yang dikenal untuk memudahkan koordinasi ketiga terjadi masalah pembayaran
  • Hindari membayar pada batas akhir waktu pembayaran
  • Hindari membayar pada hari Ahad / libur
  • Hindari membayar pada pukul 23.00 s/d pukul 02.00
Bagaimana penyelesaian jika pembayaran tidak masuk ke rekening Kampus dan saldo pengirim tetap terpotong atau terdebet?
  • Silahkan konsultasi langsung ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru atau Bagian Akademik Isntitut dengan membawa bukti pembayaran
Bagaimana cara melakukan KLAIM pembayaran di Bank?
  • Yang berhak melakukan klaim pembayaran adalah pemilik rekening pengirim
  • Pemilik rekening melaporkan transaksi pembayaran yang tidak masuk ke rekening kampus atau tertolak/dikembalikan oleh Bank (BSI) ke Bank pemilik rekening pengirim
  • Jika laporan diterima, pihak Bank pengirim akan menerbitkan berita acara atau surat keterangan klaim yang menerangkan bahwa pengurusan pengembalian akan diproses paling lambat 14 hari kerja
  • Mahasiswa melapor ke Panitia dengan membawa berita acara atau surat keterangan klaim yang diperoleh dari Bank pengirim
Bagaimana jika batas waktu pembayaran akan tertutup dan dana belum kembali ke rekening pengirim?
  • Silahkan melapor ke Panitia dengan membawa bukti laporan klaim / berita acara klaim atau surat keterangan klaim yg diterbitkan Bank pengirim
Bagaimana jika tidak sempat melakukan pembayaran sesuai jadwal yang telah ditentukan?

Anda dianggap telah mengundurkan diri dan tidak berhak untuk mengikuti ujian seleksi

Nikmati Kemudahan Membayar Dari Mana Saja dan Kapan Saja Tanpa Harus Datang Ke Kampus

Perhatikan batas waktu pembayaran UKT

Pesan Saya..

  • “Bayar UKT tepat waktu, kuliah tepat waktu dan selesai pun tepat waktu.”

Dr. H. SOFYAN A P KAU, M.Ag

Wakil Rektor I