Tata Cara Pembayaran UKT Calon Mahasiswa Baru

Halo Camaba.. Telah dibuka pembayaran UKT, segera lakukan pembayaran agar Anda terdaftar sebagai Mahasiswa Baru Aktif pada semester ini. Jangan sampai terlambat yaa..

Sebelum melakukan pembayaran, silahkan cek terlebih dahulu besaran UKT dan Nomor Tagihan (rekening pembayaran) melalui url http://siak.iaingorontalo.ac.id atau http://36.88.18.234 dengan cara seperti pada gambar berikut

  1. Masukkan Nomor Peserta dan pilih Mahasiswa Baru, kemudian klik Cari
  2. Silahkan catat Nomor Tagihan dan Besaran UKT yang tampil pada laman pencarian, kemudian lakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran sebagai berikut.
*Catatan: Nomor tagihan untuk setiap Mahasiswa Baru berbeda satu dan lainnya.

Empat Cara Membayar UKT Mahasiswa Baru,
Silahkan Pilih Salah Satu Cara Berikut!

Cara Pertama

Pembayaran melalui ATM BSI 

Cara Kedua

Pembayaran melalui BSI Mobile dan BSI Net Banking

Cara Ketiga

Transfer dari ATM Bank Lain selain ATM BSI

Cara Keempat

Transfer melalui Mobile Banking dan Net Banking Bank Lain selain BSI

Pembayaran dengan Rekening BSI

Demi kemudahan dan kelancaran dalam melakukan pembayaran, kami menyarankan Anda membayar UKT menggunakan Rekening BSI milik sendiri.

1. Cara Pembayaran Melalui ATM BSI

  1. Pilih Menu Pembayaran / Peyment
  2. Pilih Akademik
  3. Masukan / Pilih Kode Akademik 9081 (IAIN Gorontalo) + Nomor Tagihan (2 + Nomor Tagihan). Contoh 90812xxxxxxxxx  (xxxxxxxxx = Nomor Tagihan)
  4. Pilih Benar / Selanjutnya
  5. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  6. Pilih Benar / Ya

2. Pembayaran melalui BSI Mobile dan BSI Net Banking

  1. Pilih Menu Pembayaran / Peyment
  2. Pilih Akademik
  3. Masukan / Pilih Kode Akademik 9081 (IAIN Gorontalo)
  4. Masukan Nomor Tagihan (kode 2 + Nomor Tagihan). Contoh 1xxxxxxxxx. (xxxxxxxxx = Nomor Tagihan)
  5. Pilih Benar / Selanjutnya
  6. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  7. Masukan PIN dan pilih Selanjutnya untuk Submit
  8. Selesai

3. Transfer dari ATM Bank Lain selain ATM BSI

  1. Pilih Menu Transfer
  2. Pilih Transfer Antar Bank
  3. Masukan Kode / Nomor Rekening Tujuan 451 + 900 + 9081 + 2 + Nomor Tagihan. Contoh: 45190090812xxxxxxxxx (xxxxxxxxx = Nomor Tagihan)
  4. Masukan Nominal Tagihan UKT + biaya Adm 2.000. Contoh jika UKT 1.000.000, maka yang dimasukan adalah sebesar 1.002.000
  5. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  6. Pilih Benar / Ya / Ok untuk melanjutkan proses pembayaran
  7. Selesai

4. Transfer melalui Mobile Banking dan Net Banking Bank Lain selain BSI

  1. Pilih Menu Transfer
  2. Pilih Transfer Antar Bank
  3. Cari Bank BSI
  4. Pilih Transfer Online
  5. Masukan Kode / Nomor Rekening Tujuan 900 + 9081 + 2 + Nomor Tagihan. Contoh: 90090812xxxxxxxxx (xxxxxxxxx = Nomor Tagihan)
  6. Masukan Nominal Tagihan UKT + biaya Adm 2.000. Contoh jika UKT 1.000.000, maka yang dimasukan adalah sebesar 1.002.000
  7. Kemudian tampil informasi data transaksi Anda, pastikan data sudah benar (tagihan sudah termasuk biaya Adm. 2.000)
  8. Pilih Benar / Ya / Ok untuk melanjutkan proses pembayaran
  9. Selesai

Hal-hal yang perlu di ketahui pada saat membayar UKT

Bagaimana cara cek besaran atau nominal UKT?

Nominal UKT bisa dilihat pada SIAK (siak.iaingorontalo.ac.id) dengan cara:

  1. Masukkan Nomor Peserta
  2. Pilih Mahasiswa Baru
  3. Tekan tombol Cari

Tips pembayaran aman dan lancar.
  • Pastikan kondisi jaringan internet lancar pada saat akan melakukan pembayaran
  • Bayar menggunakan rekening sendiri dan sangat disarankan menggunakan rekening BSI
  • Jika terpaksa harus menggunakan rekening orang lain, pastikan pemilik rekening bisa diajak kerjasama ketika mengalami masalah pembayaran
  • Jika terpaksa harus menggunakan jasa Agen pembayaran online, cari Agen pembayaran terdekat atau Agen pembayaran yang dikenal untuk memudahkan koordinasi ketiga terjadi masalah pembayaran
  • Hindari membayar pada batas akhir waktu pembayaran
  • Hindari membayar pada hari Ahad / libur
  • Hindari membayar pada pukul 23.00 s/d pukul 02.00
Sudah membayar tetapi status Mahasiswa belum aktif di SIAK
  • Silahkan cek apakah saldo di rekening Anda berkurang
  • Melapor ke Bendahara Kampus atau Bagian Akademik Isntitut atau ke Pustipad dengan membawa bukti pembayaran
Bagaimana penyelesaian jika pembayaran UKT tidak masuk ke rekening Kampus (status non aktif) dan saldo pengirim tetap terpotong atau terdebet?
  • Silahkan konsultasi langsung ke Bendahara Kampus atau Bagian Akademik Isntitut atau ke Pustipad dengan membawa bukti pembayaran
  • Anda akan diarahkan untuk melakukan klaim ke pihak Bank pemilik rekening
Bagaimana cara melakukan KLAIM pembayaran di Bank?
  • Yang berhak melakukan klaim pembayaran adalah pemilik rekening pengirim
  • Pemilik rekening melaporkan transaksi pembayaran yang tidak masuk ke rekening kampus atau tertolak/dikembalikan oleh Bank (BSI) ke Bank pemilik rekening pengirim
  • Jika laporan diterima, pihak Bank pengirim akan menerbitkan berita acara atau surat keterangan klaim yang menerangkan bahwa pengurusan pengembalian akan diproses paling lambat 14 hari kerja
  • Mahasiswa melapor ke Pustipad dengan membawa berita acara atau surat keterangan klaim yang diperoleh dari Bank pengirim
Bagaimana jika batas waktu pembayaran akan tertutup dan dana belum kembali ke rekening pengirim?
  • Silahkan melapor ke Pustipad dengan membawa bukti laporan klaim / berita acara klaim atau surat keterangan klaim yg diterbitkan Bank pengirim
  • Status keaktifan Mahasiswa akan diaktifkan sementara jika batas waktu pembayaran tertutup sambil menunggu proses klaim selesai
Apakah bisa melakukan kontrak KRS ketika pembyaran bermasalah?
  • Silahkan melapor ke Tim Akademik dan Pustipad. Tim akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap pembayaran yang bermasalah
  • Jika disetujui, status Mahasiswa akan diaktifkan sementara dalam kurun waktu tertentu atau selama 14 hari kerja dan Mahasiswa dapat melakukan kontrak KRS
  • Jika setelah waktu yang ditentukan Mahasiswa tidak melapor kembali, maka akun siak akan di non aktifkan sampai dengan Mahasiswa tersebut melapor kembali
Berapa hari setelah klaim pembayaran, uang Saya sudah kembali. Apa yang harus Saya lakukan?
  • Jika pengembalian dana masih dalam rentang waktu pembayaran / pembayaran belum tertutup, silahkan melakukan pembayaran kembali atau bisa konsultasi terlebih dahulu ke Bagian Akademik atau Pustipad
  • Jika pengembalian dana setelah batas waktu pembayaran, silahkan melapor ke Bagian Akademik atau Pustipad
Bagaimana jika tidak sempat melakukan pembayaran sesuai jadwal yang telah ditentukan?

Anda dianggap telah mengundurkan diri

Nikmati Kemudahan Membayar Dari Mana Saja dan Kapan Saja Tanpa Harus Datang Ke Kampus

Perhatikan batas waktu pembayaran UKT

Pesan Saya..

  • "Bayar UKT tepat waktu, kuliah tepat waktu dan selesai pun tepat waktu."

Dr. H. SOFYAN A P KAU, M.Ag

Wakil Rektor I